Dewan Rakyat sebagai Kanal Demokrasi
Jumat, 15-07-2016 - 10:08:19 WIB
Oleh: Jufri Zubir

MEMBANGUN
Kota Pekanbaru harus dimulai dengan filosofi kebersamaan. Kota yang dirancang sejak dulunya sebagai pasar, pekan, ataupun market harus memiliki tingkat toleransi melebihi kota-kota lainnya, serta menjadi wadah pendapat dan rembug seluruh makhluk yang terkait dengannya. Pantang bersimbah darah di tanah Senapelan adalah mandat warisan yang dihunjamkan pendahulu pendiri kota kepada anak cucunya, kita!

Dari itulah, dalam membangun Kota Pekanbaru ini, tidak dapat dilakukan sendiri atau satu golongan saja, melainkan harus bersama-sama, dengan meluaskan rangkul serta mengecilkan sengketa, sehingga apa yang dicita-citakan selama ini menjadi nyata. Guna mengakomodir seluruh keinginan rakyat Pekanbaru, jika saya dimandatkan sebagai pemimpin di kota ini, maka saya akan membangun sebuah lembaga baru yang diatur dengan Peraturan Daerah, mempunyai fungsi sebagai kelompok yang memberikan masukan juga sanggahan terhadap rencana pembangunan kota. Dan, saya menyebutnya dengan Dewan Rakyat.

Dewan Rakyat merupakan sebuah lembaga tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota yang berperan dalam memberikan masukan dan kritikan terhadap pembangunan kota. Dewan Rakyat yang akan dirancang ini merupakan utusan per sektor pekerjaan masyarakat di sebuah kelurahan sebanyak kurang lebih 15 orang agar dapat menyuarakan kehendak masyarakat di kelurahan tersebut. Pembagian sektor pekerjaan masyarakat kelurahan, dapat dirankingisasi sesuai sebanyak apa jenis pekerjaannya. Dewan rakyat inilah yang melakukan pegawasan terhadap pembangunan kota, kinerja legislatif dan eksekutif. Dewan rakyat mempunyai hak untuk bertanya kepada walikota Pekanbaru tentang indikasi-indikasi kejanggalan atau kecurangan kinerja, sehingga pengontrolan dapat berlaku setiap saat.

Dalam teorinya, Dewan Rakyat merupakan perumus rencana pembangunan wilayah kota-kota ''satelit'' yang akan dibangun di 12 kecamatan. Dengan adanya Dewan Rakyat, maka walikota Pekanbaru bersama dengan jajarannya tidak memiliki alasan untuk tidak mengetahui problem pembangunan kota. Melihat dari fungsinya yang signifikan, maka dapat dipastikan bahwa Dewan Rakyat merupakan kanal demokrasi. ***

 
 
Lainnya :
  • Dewan Rakyat sebagai Kanal Demokrasi
  •  
     
     
    Kamis, 19-Mei-2022 | Jam Digital
    PEDOMAN MEDIA SIBER
    © 2015-2020 PEKANBARUSATU.COM, All Rights Reserved