Lapangan Pekerjaan untuk Rakyat
Kamis, 21-07-2016 - 10:13:06 WIB
Oleh: Jufri Zubir

DENGAN membangun kota-kota satelit yang produktif, berkebudayaan, dan indah maka secara otomatis akan membuka peluang lahirnya usahawan-usahawan baru serta penyerapan tenaga kerja.

Saya berfikir, setiap anak-anak yang baru lulus SMA/SMK dan tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi akan dipanggil untuk mengikuti psikotest, kemudian dinilai minat dan kemampuannya. Jika punya kemampuan manajerial dan skill yang mumpuni untuk buka usaha, maka kelompok ini akan dihubungkan ke pihak perbankan agar mendapat support permodalan. Dan jika satu kelompok lagi diproyeksikan menjadi tenaga kerja yang handal, maka akan disalurkan ke perusahaan-perusahaan atau unit usaha yang membutuhkan.

Selain itu, pengembangan industri kreatif akan mendapat perhatian penuh dalam program kerja pemerintahan mendatang. Anak-anak muda yang mempunyai keahlian programer, olahraga kreasi seperti permainan game online, game offline, dan lain-lain dibangunkan arenanya agar dapat menciptakan tontonan menarik dari permainan mereka. Artinya, jika terjadi hal-hal negatif yang selama ini menggandrungi pemikiran pemuda kita, akan dapat dikikis secara perlahan-lahan.

Selain memfasilitasi keahian pemuda-pemuda kota hingga memiliki tempat untuk meningkatkan pendapatan ekonominya, sarana dan prasarana akan disiapkan. Karena prinsip produksi yang terpenting adalah, bagaimana barang yang dihasilkan mampu dijual, dan pastinya tontonan yang dihadirkan dapat mendatangkan pendapatan daerah. Seperti dilakukan pemerintahan Cina saat merespon gelombang e-sport yang melebihi dugaan banyak orang. Sehingga para atlit e-sport di Cina setara dengan selebriti di sana.

Maka dari itu, jika saya dipercayakan untuk memimpin Kota Pekanbaru, anak-anak muda yang memiliki hobi positif yang tidak melanggar norma hukum, agama, dan budaya akan difasilitasi. Misalnya, membangun sirkuit untuk balap, arena e-sport untuk game, arena skateboard, panggung-panggung pertunjukan seni dan budaya, arena pameran lukis dan fotografi, dan lain-lain. Yakinlah, bila diberi fasilitas, mereka akan bekerja sesuai dengan hobinya. Dan, mereka akan menghasilkan pendapatan dan prestasi bagi keluarganya. ***

 
 
Lainnya :
  • Lapangan Pekerjaan untuk Rakyat
  •  
     
     
    Kamis, 19-Mei-2022 | Jam Digital
    PEDOMAN MEDIA SIBER
    © 2015-2020 PEKANBARUSATU.COM, All Rights Reserved