Berikut Formasi Terbanyak Dibuka dan yang Perlu Diwaspadai di Penerimaan CPNS 2021
Senin, 05-04-2021 - 12:03:52 WIB
(f: merdeka.com)

TERKAIT:
 
  • Berikut Formasi Terbanyak Dibuka dan yang Perlu Diwaspadai di Penerimaan CPNS 2021
  •  

    JAKARTA-Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021 akan segera dibuka. Terdapat tiga kategori rekrutmen CASN 2021. Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Sekolah Kedinasan, dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

    Kuota penerimaan CASN 2021 di lingkungan Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah sebesar 1,3 juta. Rinciannya, 1 Juta Formasi guru PPPK, Formasi ASN di pemerintah daerah 189.000 dan Formasi CPNS/CPPPK ASN di pemerintah pusat 83.000.

    Merujuk pada seleksi CPNS sebelumnya, beberapa dokumen utama yang perlu disiapkan antara lain:

    - Kartu Keluarga (KK)
    - Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    - Ijazah
    - Transkrip nilai
    - Pas foto
    - Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang dilamar

    Berikut merdeka.com akan merangkum sejumlah fakta mengenai formasi terbanyak yang dibuka dan potensi masalah di CPNS 2021.

    1. Formasi Terbanyak Dibuka

    Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo menyampaikan, formasi dengan alokasi terbanyak dalam Seleksi CASN Tahun 2021 untuk pemerintah pusat terdiri dari jabatan dosen, penjaga tahanan, penyuluh keluarga berencana, analis perkara peradilan, serta pemeriksa.

    Sedangkan alokasi terbanyak bagi pemerintah provinsi terdiri dari jabatan guru, yakni guru bimbingan konseling, guru teknologi informasi dan komputer, serta guru matematika. Kemudian jabatan tenaga kesehatan, terdiri perawat, dokter, dan asisten apoteker.

    "Sedangkan untuk jabatan teknis antara lain pranata komputer, polisi kehutanan, dan pengawas benih tanaman," katanya.

    Menteri Tjahjo melanjutkan bagi pemerintah kabupaten dan kota, formasi terbanyak juga terdiri dari jabatan guru, jabatan tenaga kesehatan, dan jabatan teknis. Jabatan guru antara lain guru kelas, guru pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan, serta guru bimbingan konseling.

    Kemudian untuk jabatan tenaga kesehatan yang paling banyak dibutuhkan adalah perawat, bidan, dan dokter. Sedangkan, bagi jabatan teknis antara lain penyuluh pertanian, auditor, dan pengelola pengadaan barang atau jasa.

    "Ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PANRB, agar memperbanyak tenaga teknis yang bisa langsung terjun ke masyarakat dalam rangka mengurangi ASN yang melaksanakan tugas administrasi,” jelas Menteri Tjahjo.

    Sementara, terkait dengan usulan formasi PPPK bagi guru agama, Kementerian PANRB terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Dalam Negeri, serta Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dalam formasi 1 juta guru PPPK tersebut, akan diakomodir usulan formasi guru agama di sekolah negeri.

    2. Pelamar Wajib Waspada Penipuan

    Dilansir dari Instagram resmi Kementerian PAN-RB @kemenpanrb, sebagaimana dikutip merdeka.com, seleksi akan menggunakan computer assisted test (CAT). Hal itu bertujuan untuk menutup adanya potensi kecurangan dan praktik calo. Nantinya hasil tes dapat dilakukan secara real time, sehingga akuntabel dan transparan.

    "Hati-hati jika ada oknum yang menjanjikan lulus, jangan percaya!," kata Plt Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Teguh Widjinarko.

    Diketahui bersama, memang pada masa rekrutmen CASN ini banyak modus penipuan. Oleh karena itu, Kementerian PAN-RB mengimbau CASN untuk selalu waspada terhadap modus-modus penipuan.

    "Kerap kali ada yang menjanjikan kelulusan maupun ada surat bohong yang beredar," katanya.

    Namun hal tersebut dapat dihindari dengan mengecek berita yang beredar dari sumber terpercaya, serta mengkonfirmasi informasi ke Kementerian PANRB/BKN. (dri)




     
    Berita Lainnya :
  • Berikut Formasi Terbanyak Dibuka dan yang Perlu Diwaspadai di Penerimaan CPNS 2021
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Siaran TV Digital Masih Menunggu Ekosistem
    2 Ini Data 104 Perusahaan yang Diduga Lakukan Alih Fungsi Lahan Versi Komisi A DPRD Riau
    3 Dinilai Sukses Membangun Pekanbaru
    Firdaus-Ayat di Mata Para Tokoh Riau
    4 Advertorial Pemko Pekanbaru
    2019, Pemko Targetkan Pekanbaru Terbebas dari Kawasan Kumuh
    5 Ini Harga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dari iBox!
    6 Dewan Pengupahan Sepakati UMK Inhil 2017 Rp2.342.160
    7 Advertorial Pemko Pekanbaru
    Lakukan Pemerataan Pembangunan dengan Pengembangan Kawasan Tenayan Raya
    8 Ada yang Menarik di Mesjid An-Nizham Pantai Raja Kampar, Ini Dia!
    9 Para Pasangan Calon di Pilwako Pekanbaru dan Pilkada Kampar Jalani Tes Kesehatan
    10 Nestlé Koko Krunch Gelar Koko Olimpiade di 45 Kota
     
     
    Selasa, 15-Juni-2021 | Jam Digital
    PEDOMAN MEDIA SIBER
    © 2015-2020 PEKANBARUSATU.COM, All Rights Reserved