Kasus Covid Melonjak, Universitas Riau Siapkan Laboratorium PCR
Sabtu, 07-08-2021 - 15:19:28 WIB
(f: merdeka.com)

TERKAIT:
 
  • Kasus Covid Melonjak, Universitas Riau Siapkan Laboratorium PCR
  •  

    PEKANBARU - Universitas Riau (Unri) menyiapkan laboratorium pemeriksaan sample polymerase chain reaction (PCR) COVID-19 bernama Lontar. Kampus negeri itu mengerahkan sejumlah ahli untuk memeriksa spesimen Covid-19.

    "Karena kasus Covid-19 di Riau semakin naik sejak awal 2021 ini, maka kami menyiapkan laboratorium untuk pemeriksaan sampel Covid-19," ujar Dekan Fakultas Kedokteran Unri, Prof dr Dedi Afandi Jumat (6/8).

    Menurut Dedi, seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Fakultas Kedokteran juga ikut dilibatkan untuk pemeriksaan spesimen dari rumah sakit dan Puskesmas di Riau. Laboratorium mereka sesuai standar.

    "Sejauh ini, spesimen paling banyak dari Puskesmas dan rumah sakit di luar lingkungan kampus. Petugas dan pegawai kita semua terlibat, jadi ngajar, penelitian dan juga memeriksa spesimen," jelasnya, sebagaimana dilansir merdeka.com.

    Dedi menggratiskan hasil tracing di lingkungan kampus, rumah sakit hingga Puskesmas. Karena itulah pegawai kampus harus bekerja lebih karena keterbatasan jumlah SDM.

    "Semua hasil tracing yang direkomendasikan Satgas Fakultas gratis. Memang, SDM yang mejadi salah satu kendala meski sudah kami kerahkan semua," jelasnya.

    Dedi menceritakan, para anggotanya jadi lebih bekerja 'nothing to lose', dengan keterbatasan jumlah tersebut. Mereka tidak kenal lelah siang dan malam.

    "Petugas labor kita ini bekerja pagi ngambil swab dan siang berganti peran jadi ekstraksi. Padahal kalau di tempat lain lain itu yang ambil swab dan ekstraksi itu beda. Tapi kita tetap ikhlas," jelasnya.

    Ketua Laboratorium Lontar Fakultas Kedokteran Universitas Riau, Maya Savira SPKM, menilai keberadaan laboratorium Lontar sebagai kontribusi kampus dalam penanganan Covid-19.

    "Ini kontribusi Universitas Riau terhadap penanggulangan pandemi di Riau. Panggilan jiwa bagi agar bisa ikut dalam penanggulangan Covid-19," tegas Maya.

    Laboratorium Lontar berdiri awal tahun 2021. Namun, labor yang dananya bersumber dari kampus dan Balitbang Kemenkes itu baru dapat izin operasional pada 17 Mei. Kemudian dari pihak kampus mengajukan izin untuk swab PCR.

    Setelah pengajuan swab diterima Balitbang, pihaknya mulai melakukan tes swab PCR. Awalnya, spesimen PCR hanya diambil dari kalangan kampus.

    "Lalu setelah surat keluar, kami sudah mulai swab di lingkungan Universitas Riau. Termasuk pusat kegiatan mahasiswa (PKM) di wilayah Pekanbaru, 16 Juni kami sudah menerima sampel dari Kampus," katanya.

    Seiring berjalannya waktu, Satgas Covid-19 kampus meminta labor untuk ikut memeriksa sampel di Puskesmas dan RS Universitas Riau. Dalam sehari, ada 180-200 spesimen diperiksa dengan bantuan 17 pegawai.

    "Sample dari Puskesmas dan RS UNRI itu sehari mencapai 180-200 spesimen yang diperiksa," jelas Maya.

    Maya juga bekerja sebagai pegawai dan penelitinya terlibat di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Saat ini ada 13 laboratorium PCR di Riau, termasuk Lontar.

    "Untuk SDM kita sebagian ke RSUD, karena tim ahli di RSUD juga dari kita. Riau ada 13 dan laboratorium, salah satunya Lontar. Kalau aturan kerja pukul 08-15.00, tetapi karena sampel banyak bisa sampai pukul 21.00 Wib," ucapnya.

    Maya menyampaikan, dana yang digunakan labor semua berasal dari Universitas Riau. Meskipun terbatas, ia bangga karena kampus dapat berkontribusi dalam penanganan Covid-19.

    Untuk diketahui, pasien positif kasus Covid-19 di Riau terus mengalami kenaikan sejak Mei lalu. Saat ini jumlah kasus baru mencapai 1.000-2.000 lebih pasien positif Covid-19.

    Bahkan pada Kamis (5/8) kemarin, terdapat penambahan 860 pasien Covid-19. Sehingga total terkonfirmasi 102.926 kasus positif dengan rincian isolasi mandiri 12.365 orang, dirawat di RS 1.392 orang, pasien sembuh 86.375 orang dan 2.794 orang meninggal dunia. (dri)




     
    Berita Lainnya :
  • Kasus Covid Melonjak, Universitas Riau Siapkan Laboratorium PCR
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Siaran TV Digital Masih Menunggu Ekosistem
    2 Ini Data 104 Perusahaan yang Diduga Lakukan Alih Fungsi Lahan Versi Komisi A DPRD Riau
    3 Dinilai Sukses Membangun Pekanbaru
    Firdaus-Ayat di Mata Para Tokoh Riau
    4 Advertorial Pemko Pekanbaru
    2019, Pemko Targetkan Pekanbaru Terbebas dari Kawasan Kumuh
    5 Dewan Pengupahan Sepakati UMK Inhil 2017 Rp2.342.160
    6 Ini Harga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dari iBox!
    7 Advertorial Pemko Pekanbaru
    Lakukan Pemerataan Pembangunan dengan Pengembangan Kawasan Tenayan Raya
    8 Para Pasangan Calon di Pilwako Pekanbaru dan Pilkada Kampar Jalani Tes Kesehatan
    9 Ada yang Menarik di Mesjid An-Nizham Pantai Raja Kampar, Ini Dia!
    10 Nestlé Koko Krunch Gelar Koko Olimpiade di 45 Kota
     
     
    Sabtu, 18-09-2021 | Jam Digital
    PEDOMAN MEDIA SIBER
    © 2015-2020 PEKANBARUSATU.COM, All Rights Reserved